Post-Title 2

Description / Caption 2

Post-Title 3

Description / Caption 3

Post-Title 4

Description / Caption 4

Post-Title 5

Description / Caption 5

PUSKESMAS MITRA KELUARGA


Pengertian

Program Kemitraan Peningkatan Pelayanan Kesehatan yang selanjutnya disebut Program KP2K merupakan perwujudan dan pelaksanaan Pelayanan Puskesmas Gratis yang terangkum dalam kegiatan Kemitraan Pengobatan Bagi Masyarakat Kota Salatiga.
1. Kemitraan adalah hubungan antara Pemerintah Daerah dan masyarakat / swasta dalam
bidang pelayanan Puskesmas Pembantu, Puskesmas Keliling Posyandu dan Pos UKK
(Upaya Kesehatan Kerja).
2. Peserta Program KP2K adalah peserta yang tidak termasuk Askeskin, Askes
Komersial
dan Askes yang lain.
3. Pelayanan Puskesmas Gratis adalah pelayanan yang diberikan secara cuma-cuma
kepada masyarakat yang diperoleh di puskesmas induk, Puskesmas Pembantu,
Puskesmas Keliling, Posyandu Balita, Posyandu Lansia, Pos UKK di wilayah Kota
Salatiga.
4. Peserta Askeskin adalah pasien yang miskin dan tidak mampu.
5. Peserta Askes Komersial adalah pasien yang berasal dari perusahaan yang
tergantung pada PT. Askes.
6. Program KP2K ini mulai dilaksanakan sejak tanggal 2 Januari 2008 sampai ada
ketentuan dari pemerintah Kota Salatiga.
7. Sumber pembiayaan program ini berasal dari APBD Pemerintah Kota Salatiga tahun
2008.

Dasar Hukum
1. Perwali No. 76 Tahun tentang Pembebasan Pembayran Restribusi Pelayanan
Kesehatan
2. Perda No. 8 Tahun 2000 tenyang Retribusi Pelayan Kesehatan.

Tata Cara Kepesertaan Puskesmas Gratis
1. Peserta Program KP2K adalah semua penduduk Kota Salatiga yang belum memiliki
Askeskin, Askes Tenaga Kontrak dan Askes Komersial.
2. Peserta Program KP2K berhak memiliki Kartu Kepesertaan untuk mendapatkan
pelayanan kesehatan gratis.
3. Kartu Kepesertaan bisa diperoleh di Puskesmas sesuai wilayah kerja sebagai berikut :
a. Kec. Tingkir : Puskesmas Sidorejo Kidul
b. Kec. Sidorejo : Puskesmas Sidorejo Lor
c. Kec. Argomulyo: Puskesmas Cebongan dan Puskesmas Tegalrejo
d. Kec. Sidomukti : Puskesmas Mangunsari dan Puskesmas Kalicacing
4. Kartu Kepesertaan dapat diperoleh dengan cara berkunjung ke Puskesmas dengan cara
menunjukkan Kartu Keluarga (KK) dan atau Kartu Tanda Penduduk Wilayah Kota Salatiga.
5. Kartu Kepesertaan dapat digunakan untuk memperoleh pelayanan kesehatan secara gratis di
Puskesmas Induk, Puskesmas Pembantu, Puskesmas Keliling, Posyandu dan Pos UKK.
6. Akhir masa berlaku Krtu Kepesertaan ditetapkan oleh Pemerintah Kota.

Lokasi Pelayanan Puskesmas Gratis
Lokasi Pelayanan kesehatan yang diberikan secara gratis adalah :
1. Puskesmas Induk:
a. Puskesmas Sidorejo Lor
b. Puskesmas Mangunsari
c Puskesmas Kalicacing
d. Puskesmas Sidorejo Kidul
e. Puskesmas Cebongan kecuali UGD dan Rawat Inap
f. Puskesmas Tegalrejo
2. Puskesmas Pembantu
3. Pusesmas Keliling
4. Posyandu Balita
5. Posyandu Lansia
6. Pos UKK ( Upaya Kesehatan Kerja )

Lokasi Pelayan Kesehatan yang tidak gratis adalah :
1. Balai Pengobatan Penyakit Paru-Paru (BP4)
2. Balai Pengobatan Mata Margosari
3. Puskesmas Rawat Inap dan UGD di Puskesmas Cebongan
Pelayan Puskesmas gratis diberikan kepada seluruh masyarakat Kota Salatigayang memounyai Kartu Kemitraan Pelayanan Kesehatan. Sedangkan untuk Luar Kota Salatiga tetap dikenakan biaya / tarip sesuai dengan Perda yang berlaku.

Jenis Pelayanan yang digratisan :
1. Tarif pemeriksaan dan pengobatan rawat jalan
2. Biaya rekam medik untuk peserta Askes PNS
3. Pelayan Kesehatan ibu dan anak (KIA) dan semua jenis imunisasi
4. Tindakan Pelayana Kesehatan umum dan mata
a. Jahit luka ( maksimal 5 jahitan)
b. Insisi abses (menoreh benjolan bernanah)
c. Lepas jahitan kulit
d. Pengambilan benda asing
e. Pemasangan bidai/spalk
f. Pengambilan benda asing pada mata
g. Pencabutan bulu mata
h. Insisi hordeolum/timbil
i. Tindik daun telinga
j. Ambil serumen
k. Rawat luka
l. Pasang infus
m. Luka bakar < 10% n. Rawat tali pusat 5. Tindakan Pelayan Kesehatan Gigi dan Mulut a. Pencabutan gigi tanpa komplikasi tiap gigi. b. Penambalan gigi sementara tiap gigi c. Penambalan gigi tetap tanpa menggunakan sinar ( light cure ) tiap gigi d. Insisi abses e. Pertolongan kecil 6. Tindakan Pelayan Laboratorium sederhana a. Pemeriksaan tinja b. Pemeriksaan urine rutin c. Pemeriksaan dahak d. Pemeriksaan darah rutin (Hb) 7. Tindakan Pelayanan KB (Keluarga Berencana) tanpa alat kontrasepsi a. Pemasangan IUD b. Pelepasan IUD c. Pemasangan susuk KB d. Pelepasan susuk KB e. Pemasangan dan Pencabutan susuk KB 8. Konseling a. Gizi b. Klinik sanitasi c. Kesehatan reproduksi remaja (KRR) d. Deteksi dini tumbuh kembang (DDTK) 9. Kunjungan rumah / PERKESMAS (Perawatan Kesehatan Masyarakat ) Jenis Pelayanan yang tidak gratis
Jenis Pelayanan yang tidak digratiskan :
1. Pelayanan di Balai Pengobatan Penyakit Paru-paru (BP4)
2. Pelayanan Kesehatan Mata di Balai Pengobatan Mata Margosari
3. Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan
4. Pelayanan UGD dan Rawat Inap di Puskesmas Cebongan
5. Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut :
a. Pemebersihan karang gigi (manual dan ultrasonik)
b. Protesa
c. Penambalan gigi tetap dengan sinar (light cure) tiap gigi
d. estetika (kawat gigi)
6. Tindakan
a. Sirkumsisi / khitan
b. Jahit luka lebih dari 5
c. Pemasangan maagslang
d. Pemaangan kateter
7. KB mandiri ( alat kontrasepsi)
8. Laboratorium dan pemeriksaan penunjang:
a. EKG
b. General check up
c. Rontgen
9. KIA : Persalinan
10. Khusus : Paket pemeriksaan haji
11. Pelayanan Kesehatan Permintaan Organisasi Masyarakat, Swasta dll

Prosedur Pelayan Puskesmas gratis
1. Untuk mendapatkan layanan kesehatan dasar secara gratis peserta bisa berkunjung ke
Puskesmas Induk,Puskesmas Pembantu,Puskesmas Keliling , Posyandu dan Pos UKK
dengan menunjukkan kartu kepesertaan.
2. Sementara belum terdsedia kartu kepesertaan maka pelayanan dapat dilayani dengan
menunjukkan kartu KK dan KTP Kota Salatiga

Pendanaan Pelayan Puskesmas Gratis
Sumber pembiayaan progam ini dibebankan pada APBD Pemerintah Kota Salatiga tahun 2008