Post-Title 2

Description / Caption 2

Post-Title 3

Description / Caption 3

Post-Title 4

Description / Caption 4

Post-Title 5

Description / Caption 5

Pekan ASI Sedunia (World Breastfeeding Week) 2020 : Support Breastfeeding for a Healthier Planet

Sahabat JoSe, sudah tahukan kamu kalau tanggal 1 hingga 7 Agustus setiap tahunnya diperingati sebagai pekan ASI sedunia? MengASIhi adalah salah satu anugerah terbaik yang diberikan Tuhan lewat seorang ibu demi menunjang tumbuh kembang anaknya. Lantas, sebenarnya apa sih pekan ASI Sedunia itu?

Sejarah Pekan Asi Sedunia

Pekan ASI Sedunia atau World Breastfeeding Week merupakan salah satu upaya dari UNICEF dan WHO untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pemberian ASI terhadap kesehatan bayi di seluruh dunia. Peringatan ini dilakukan sejak tahun 1992 untuk memperingati Innocenti Declaration pada tahun 1990.

Menyusui memiliki segudang manfaat bagi kesehatan fisik maupun emosional ibu dan bayi. Menurut WHO, pemberian ASI mampu mengurangi tingkat resiko kematian bayi pada umur dibawah 6 bulan, bahkan hingga 800 ribu nyawa pertahunnya. Keren banget kan? Ngga cuma itu, ibu yang menyusui memiliki risiko lebih rendah untuk terkena kanker payudara, dibetes tipe 2, dan serangan jantung. Pemberian ASI  eksklusif dianjurkan mulai  satu jam setelah bayi lahir hingga setidaknya mencapai usia 6 bulan.

Beda Tahun, Beda Tema

Setiap tahunnya, tema yang diangkat dalam perayaan Pekan Asi Sedunia berbeda-beda. Pada website resminya, World Alliance for Breastfeeding Action mengumumkan bahwa pekan ASI Sedunia tahun ini akan mengusung tema “Support Breastfeeding for a Healthier Planet”. Berkaitan dengan tema tersebut, Pekan ASI Sedunia tahun 2020 akan fokus terhadap adanya pengaruh menyusui terhadap lingkungan/perubahan iklim sekaligus menghimbau untuk melindungi, mempromosikan, dan mendukung pemberian ASI untuk kesehatan bumi dan orang-orang didalamnya. Wah keren banget kan! Ternyata menyusui juga berdampak terhadap lingkungan loh.

 

Ada Pesan dari WHO Nih!

Dalam memperingati Pekan ASI Sedunia, WHO dan UNICEF juga menghimbau pemerintah untuk melindungi dan menyediakan akses pemberian informasi mengenai ASI melalui pendampingan profesional atau konseling. Selain mendapat dukungan secara mental, melalui proses konseling ini diharapkan kualitas ASI yang diberikan menjadi lebih baik. Tidak hanya mendampingi dalam proses laktasi, para konselor dapat memberikan informasi dan tips yang tepat mengenai proses menyusui.

Di Indonesia sendiri konselor laktasi sudah banyak ditemukan di rumah sakit, pusat kesehatas masyarakat (PUSKESMAS), maupun pada lembaga-lembaga kesehatan tertentu. Jika kamu adalah calon ibu atau pengen tahu seputar mengASIhi, kamu bisa bertanya pada para konselor-konselor tersebut.

Peringatan ini tidak cuma berlaku untuk para Ibu yang menyusui kok, kalian yang tidak sedang menyusui juga wajib untuk bersuara untuk meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya pemberian ASI untuk masa depan yang lebih baik. Yuk, kita dukung mereka yang mengASIhi!

Eitss jangan lupa juga untuk cuci tangan pakai sabun sebelum mengASIhi ya bunda-bunda Sahabat JoSe!

#ASI #IbuMenyusui #mengASIhi #PekanASISedunia #PAS2020 #WBW2020 #WorldBreastfeedingWeek